Memanipulasi Foto Menjadi Kartun (Manipulate Photo into Cartoon)

March 20, 2012 at 4:17 am Leave a comment

Ada banyak cara untuk menghasilkan efek kartun menggunakan Adobe Photosop, gambar diatas merupakan salah satu hasil dari satu cara dari beberapa cara yang mungkin anda bisa lakukan, dan untuk membuat gambar tampak seperti diatas berikut langkah-langkahnya :

Buka image –>> Tekan Ctrl + J untuk Menggandakan Layer –>> Ubah Blending Layer baru (layer paling atas)  menjadi Color Dodge (Navigasi A) –>> kemudian lanjutkan dengan menambahkan efek Blur, Klik pada Menu, Filter –>> Blur –>> Gaussian Blur –>> Atur Radius Gaussian Blur sesuai keinginan anda (Navigasi B), Setelah selesai mengatur Radius Blur lanjutkan dengan mebalik efek Blur caranya langsung saja –>> Ctrl + i pada Keyboard. dan untuk mempermudah melakukan langkah-langkah diatas Lihat Gambar Navigasi dibawah.

Pastikan layer 1 Tetap terpilih, lalu lanjutkan Pilih Menu, Layer –>> New Adjustment Layer –>> Threshold –>> OK. (Navigasi C). Catatan : Menu terkadang tidak tampil keseluruhan, apabila anda mengalami hal seperti itu, klik saja show all menu items

kemudian atur Slider Threshold, sesuai dengan keinginan anda. (Navigasi D)

Lalu Tambahkan Layer Baru –>> Ubah Blending Layer baru tersebut Menjadi Multiply. (Vavigasi E). Selanjutnya Pastikan yang terpilih tetep layer baru (layer paling atas) –>> lalu pilih Brush Tool dan pilih warna sesuai keinginan anda –>> Sapukan Brush Tool pada Area yang ingin anda warnai (Navigasi F). Catatan : Atur Opacity dan pilih Brush yang halus untuk hasil yang lebih rapi, apabila ada warna yang perlu di koreksi, gunakan Erase Tool untuk Menghapusnya) 

Lakukan Langkah diatas (Navigasi E dan F) untuk pewarnaan area lain, jika ingin warna yg berbeda. dan brikut hasil sementara.

untuk menambahkan efek kartun yang lebih Realistis anda dapat mengeditnya menggunakan Liquify, sebelum  mengedit menggunakan Liquify, semua layer jadikan satu dulu caranya pada Menu Pilih Layer –>> Flatten Image. kemudian lanjutkan mengedit menggunakan Liquify caranya Pada Menu pilih Filter –>> Liquify, Lalu anda dapat berkreasi dengan tool yang ada, anda dapat mencoba sendiri fungsi tool Liquify, dan lihat hasilnya, jangan lupa untuk selalu mengatur Brush sesuai dengan hasil yang anda inginkan.

Untuk Project kali ini, setelah edit Menggunakan Liquify Hasil akhirnya seperti dibawah ini.

Ok, diatas hanyalah sebuah langkah-langkahnya saja, untuk hasil yang sempurna tergantung imaginasi dan kreatifitas anda.

That’s All, Selamat Mencoba ya

Entry filed under: Categories, Desain Grafis, Photosop. Tags: , , , , , , , , .

Download Adobe Photosop CS5 Portable Gratis Membuat Stempel Digital Dengan Corel Draw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Posts

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 34 other followers


%d bloggers like this: