Masking Teks

March 7, 2012 at 6:55 am Leave a comment

Buka Gambar yang akan anda edit, Kemudia pilih warna tertentu caranya : pada Menu pilih Select –>> Color Range –>> kemudian akan Muncul Tab Option Color Rane, Pilih Shadows pada DropDown List Select. lalu akan muncul gambar terseleksi pada Stage lanjutkan dengan menekan “Ctrl + J” pada Keyboard agar seleksi menjadi layer, ganti nama Layer Menjadi Shadows.

Pastikan Pilih kembali Layer Baground dan Lakukan Langkah diatas sekali lagi, akan tetapi untuk yang kedua ini Pilih Midtones pada Dropdown List Selectnya, jangan lupa tekan “Ctrl+J” kembali agar seleksi menjadi Layer, dan Ganti nama Layer tersebut menjadi Midtones.

Berikutnya Klik Layer Shadow, pada menu Pilih Edit –>> Fill dan pada Option Fill, Pilih untuk Use : 50% Gray, Pastikan Preserve Tranparancy nya tercentang, lalu OK. lakukan sekali lagi langkah ini untuk Layer Midtones

Gabung Layer Shadows dengan Layer Midtones, caranya sambil tekan Ctrl pada Keyboard pilih layer yang akan di gabung tersebut kemudian pilih Merge Layers.

Lanjutkan dengan Menambahkan 2 Layer Baru, beri nama masing-masing layer tersebut dengan nama Bag Masking dan Masking. Kemudian isi Fill untuk Layer Bag Masking dengan Use : White, dan pastikan Preserve Tranparancy nya tidak tercentang.

Tambahkan masking pada later masking, lihat gambar cara menambahkan Masking pd layer.

Tinggalkan Sebentar Halaman Project, Pikin Project baru, membuat Brush sendiri, Caranya : Ctrl + N, Atur nama, Heigth dan Width sesuai keinginan anda, lalu OK dan Ketik Tulisan apapun pada Stage, setelah selesai Mengetik, pada menu pilih Edit –>> Define Brush Preset –>> lalu beri nama sesuai keinginan anda, lalu OK.

Setelah selesai bikin Brush teks, kembali ke Project semula. Pastikan yang terpilih Layer masking (transparan), liat Gambar. lalu Pilih Brush Tool kemudian Klik Kanan mouse pada Stage pilih Brush Tool yang sudah kita bikin sebelumnya.

Atur diameter Brush, lalu Klik di area Stage yang anda inginkan, yang akan diisi dengan Mask Teks Brush. Kemudian Kembali ke Layer Shadows, Klik layer lalu tekan Ctrl + A untuk memilih Layer lanjutkan dengan tekan Ctrl + C untuk Copy Layer. Kembali lagi ke layer Masking, pastikan Layer masking dengan Baground Putih yang di pilih, sambil tekan Alt Klik Layer Masking Baground Putihnya lalu tekan Ctrl + V untuk Paste Layer. Tekan Ctrl + D untuk menghilangkan Seleksi dan Akhiri dengan Ctrl + i untuk Membalik Gambar, kalo langkah anda benar makan tampilan Gambar sementara akan seperti gambar di bawah ini :

Lanjutkan dengan Klik Kanan pada Layer Masking, Pilih Blending Option –>> Gradient Overlay –>> Gradient (pilih terserah Anda) –>> OK

Sampai tahap ini Project kita sebenarnya sudah selesai, cuma ada beberapa tambahan saja sebagai sentuhan akhir agar gambar lebih realistis. Caranya Kembali Pilih Brush Tool, Pilih Brush Tool yang halus lalu sapukan di beberapa bagian gambar yang anda ingin koreksi.

That’s All ya, Selamat Mencoba !!

Entry filed under: Categories, Desain Grafis, Photosop. Tags: , , , , , .

Fungsi Index, Match dan Vlookup Masking dengan Horizontal Type Mask Tool

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Posts

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 34 other followers


%d bloggers like this: